XL Axiata Fokus pada Network Deployment di Tiga Aspek

 

Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan jaringan berkualitas tinggi pada tahun 2022, XL Axiata berfokus pada pengembangan jaringan – peningkatan kapasitas, efisiensi dan optimalisasi – untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dari sebelumnya.


Menurut I Gede Darmayusa, Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, sejumlah inisiatif telah dilakukan sejak awal tahun ini untuk mencapai tujuan tersebut.


“Inisiatif dan upaya peningkatan kapasitas jaringan, efisiensi dan optimalisasi jaringan meliputi radio, transport dan core, termasuk fiber optik dan implementasi teknologi baru. Kami juga melakukan re-deploy teknologi dari 3G ke 4G untuk mempercepat download di jaringan XL Axiata,” ujar Gede.


Selain itu, melalui berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan, kami dapat mendukung perbaikan berkelanjutan gaya hidup digital masyarakat Indonesia. Pengalaman digital yang andal adalah salah satu persyaratan utama, seperti kecepatan akses internet untuk koneksi Anda, dan kualitas sinyal dalam ruangan saat bermain game atau mengakses konten hiburan.


Gede menambahkan, per Q1 2022, survei OpenSignal menempatkan XL Axiata sebagai operator terbaik dalam kategori "Download Speed ​​​​Experience" dan "Video Experience and Watching Experience (Video Experience)", yang membuktikan kerja keras XL. Axiata mengimplementasikan berbagai inisiatif tahun ini dan meningkatkan kualitas jaringan.


“Hasil survei reguler kami menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan XL Axiata untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan kami efektif,” tambahnya.


Menurut hasil survei OpenSignal, XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat 18,7 Mbps, yaitu 15,2 hingga 108,1% lebih cepat dari yang dapat disediakan oleh operator lain. Sementara itu, dalam pengalaman menonton video dan streaming, XL Axiata memiliki peringkat 44,8.


Karena akses ke streaming video berkembang pesat, kualitas pengalaman pengguna merupakan aspek yang sangat penting. Kualitas pengalaman akses streaming video diukur dengan parameter teknis termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video, latensi, dan banyak lagi.


Sejak awal tahun 2022 telah dilakukan beberapa inisiatif yang mencakup berbagai aspek, dengan fokus pada pengembangan jaringan XL Axiata pada tahun 2022. Pertama, meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menerapkan kecerdasan dan otomatisasi untuk meningkatkan kemampuan jaringan. Ini termasuk mengotomatisasi, mengoptimalkan konfigurasi jaringan, mendiagnosis diri sendiri, dan pemulihan jaringan.


XL Axiata juga mengimplementasikan alat perencanaan berbasis nilai yang mencakup beberapa aspek bisnis strategis perencanaan jaringan dan optimalisasi otomatis untuk layanan VoLTE. Penerapan otomatisasi ini memungkinkan XL Axiata untuk lebih cepat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan, dengan kecerdasan dan otomatisasi diterapkan pada proses perencanaan operasi jaringan.


Aspek kedua adalah memberikan pengalaman layanan digital yang lebih memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti menyediakan layanan terintegrasi untuk konsumen seluler dan rumah tangga, serta menyediakan kapasitas jaringan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah.


Kemudian, aspek ketiga yang kurang penting adalah memberikan pengalaman layanan yang lebih andal. Terkait hal tersebut, XL Axiata menargetkan ketersediaan jaringan 100% dengan menambah BTS 4G untuk menjangkau kota-kota di Indonesia.